"Menginspirasi anda semua"

Senin, 23 Maret 2015

Tips Sukses Menghadapi UN 2015

Bagi siswa kelas IX SMP dan XII SMA, tidak lama akan menghadapi Ujian Nasional (UN). Satu di antara tips-nya jangan meremehkan try out.

Hai Guys, saya Kak Yadi Suryadi, ingin ngasih teman-teman Tips nih buat menghadapi ujian nasional.. Dibaca Ya!

 Berikut tips supaya bisa sukses UN 2015

 1. Fokus
Siswa yang bakal menghadapi ujian nasional 2015 haruslah fokus untuk mengikuti Ujian Nasional 2015, tidak usah memfokuskan hal-hal lain yang bisa membuat siswa salah fokus untuk menomorduakan Ujian Nasional 2015.

Mulai sekarang juga harus stop untuk agenda-agenda yang sekiranya tidak penting. Fokuslah untuk mengikuti Ujian Nasional 2015.

2. Jangan Remehkan Try Out
Biasanya siswa yang mau menghadapi Ujian Nasional sering meremehkan try out. Try Out itu tolak ukur siswa, seberapa bisakah atau pemahaman siswa dalam materi-materi UN. Usahakan selalu mengerjakan soal-soal try out dengan baik, bayangkan saja try out sebagai simulasi UN 2015.

3. Porsi Tambahan
Dari evaluasi hasil yang siswa dapat via Try Out tersebut, berikan porsi tambahan untuk pelajaran-pelajaran dianggap lemah. Mintalah bantuan ke guru pengajar, kakak-kakak, guru les, atau tentor (jika siswa mengikuti les di lembaga).

4. Ikuti Beberapa Workshop Mengenai  �Ujian Nasional�
Dengan mengikuti workshop mengenai Ujian Nasional siswa akan lebih mengerti Apa, Bagaimana, Kenapa, Kapan Ujian Nasional. Beberapa dari workshop itu juga sebagian memberitahu siswa tips-tips dalam mengerjakan Ujian Nasional. Ada juga Workshop yang bersifat ESQ yang akan membantu siswa dalam hal motivasi dan ketenangan hati.

5. Jaga Komunikasi Vertikal
Siswa harus menjaga ibadah ke Yang Maha Kuasa. Rajinlah beribadah, bagi siswa yang muslim dijaga sholatnya (sehari 5 waktu). Lalu kalau bisa puasa shunnah (Senin-Kamis), shalat dhuha, shalat tahajud, baca Alquran setiap hari sehabis shalat Maghrib atau sebelum Subuh, dan yang terakhir sering-seringlah bersedekah.

6. Jaga Komunikasi Horizontal
Selain kalian menjaga komunikasi vertikal, siswa juga harus menjaga komunikasi horizontal. Maksudnya adalah berbuat baiklah ke sesama teman, tetangga, keluarga, orangtua, kalau punya salah langsunglah meminta maaf dan minta doa restu untuk kelancaran Ujian Nasional yang bakal kalian hadapi.

7. Jaga Kesehatan
Jangan sampai kesehatan siswa terganggu, apalagi saat-saat mendekati waktu pelaksanaan Ujian Nasional, itu masalah luar biasa karena bisa merusak konsentrasi dan fokus untuk menghadapi Ujian Nasional. Usahakan, makan yang teratur dan jaga kondisi dengan berolahraga minimal 3x dalam seminggu.

8. Mintalah Doa Orangtua, Guru, dan Paling Penting Doa Ibu
Ini juga yang sangat penting dalam menghadapi Ujian Nasional yakni doa dari orang-orang yang sangat dekat dengan kita yakni kedua orangtua, dan orang yang memberikan ilmu yakni Guru.

9. Jangan Nervous
Kebiasaan murid-murid ketika H-7 sampai pelaksanaan hari H perasaan nervous banget, tapi itu jangan sampai terjadi, karena bakal merusak konsentrasi sehingga bisa blank dan nggak bisa mengingat materi yang kalian pelajari selama ini. Usahakan tetap tenang, atur pola napas sehingga bisa konsentrasi penuh mengerjakan soal Ujian Nasional.

10. Percaya Diri
Percaya pada diri sendiri, jangan percaya dengan hasutan-hasutan yang ada di lingkungan sekitar. Kalau siswa sudah menguasai materi, kenapa harus tidak percaya diri. Beberapa orang yang dalam proses KBM nilainya bagus, namun saat Ujian Nasional tidak Percaya Diri, hasilnya pun jeblok.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar