"Menginspirasi anda semua"

Selasa, 24 Maret 2015

Bagaimana membuat siswa semangat belajar di sekolah

Tips Cara Membuat Anak Semangat Sekolah dan Belajar Demi Masa Depannya 

 

1. Menjelaskan Dampak Buruk Dari Tidak Sekolah atau Gagal di Sekolah
Hindari memberi semangat anak dengan menjanjikan materi kepada mereka jika mencapai target tertentu. Pendidikan adalah perjuangan mereka yang harus mereka perjuangkan sendiri yang tidak boleh dikotori dengan materialisme. Berikan penjelasan kepada anak perihal resiko yang dihadapi oleh orang-orang yang gagal di sekolah. Ceritakan tentang sulitnya mencari pekerjaan para lulusan sarjana dan pasca sarjana, apalagi orang yang putus sekolah. Ceritakan tentang kehidupan yang keras dan kapitalisme yang siap menghancurkan kehidupan orang-orang lugu dan orang-orang yang tidak siap. Ceritakan tentang kehidupan orang-orang susah yang harus membanting tulang peras keringat namun untuk makan saja sulit.
2. Menjelaskan Berbagai Menfaat dari Memiliki Ijasah Level Tinggi
Memiliki ijazah-ijazah tingkat tinggi seperti d3, d4, s1, s2 dan apalagi s3 adalah sesuatu yang sangat membanggakan baik untuk diri sendiri maupun untuk keluarga. Mencari pekerjaan untuk pemilik ijasah level tinggi akan jauh lebih mudah ketimbang dengan orang-orang yang hanya punya ijazah sd dan smp saja. Dalam urusan jodoh pun, lawan jenis akan jauh lebih menghargai kita kita kita adalah orang yang terpelajar yang telah lulus dengan baik di kampus tempat kuliah. Selama bersekolah atau berkuliah pun akan bertemu dengan orang-orang hebat yang bisa membuka hubungan bisnis sekaligus hubungan pertemanan.
3. Menjelaskan Sekolah Hanya Sebagai Sampingan Dari Hal-Hal yang Lebih Penting
Bagaimana pun juga tujuan hidup manusia hanyalah untuk beribadah kepada Tuhannya. Di samping itu, tujuan manusia adalah untuk bisa mencari nafkah untuk menghidupi dirinya serta keluarganya. Sekolah memang bertujuan untuk membentuk pola pikir dasar anak agar dewasa kelak menjadi orang yang terpelajar, bukan orang barbar, kampungan, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan keterampilan yang penting untuk mencari uang yang halal harus dipelajari sendiri. Itulah tugas orangtua untuk membimbing anak-anaknya agar bisa segera siap menjadi profesional di bidang-bidang tertentu tanpa melalui proses pendidikan formal.
Contohnya seperti mengajarkan anak ilmu memproduksi dan menjual suatu produk, ilmu agrobisnis, ilmu robot, ilmu mesin, ilmu membuat makanan dan minuman enak murah bergizi tinggi, ilmu membuat bahan pakaian serta menjadikannya pakaian, mencari serta mewujudkan suatu ide menjadi kenyataan, ilmu manajemen dasar yang sesuai dengan kehidupan perekonomian sekitar, ilmu kesehatan dan kedokteran, ilmu agama yang berkaitan dengan pekerjaan, berbagai konspirasi dan propaganda yang tersembunyi namun terjadi di kehidupan nyata, dan lain sebagainya.
Sekian dan semoga tulisan singkat ini bisa membawa keberkahan bagi kita semua, amin.

 

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar