Iklan

Rabu, 25 November 2015

Beasiswa S1 - S2 Italia

Anda yang berminat melanjutkan studi di Italia mungkin bisa mencoba penawaran beasiswa dari Bocconi University. Tiap tahun kampus yang berlokasi di Milan ini menawarkan beasiswa kuliah yang dapat diikuti pelamar-pelamar internasional, semisal Indonesia. Di periode ini programnya tersedia melalui 2016-17 Bocconi Scholarships for International Students. Beasiswa ini ditujukan bagi kandidat di luar Italia untuk memperoleh beasiswa S1 atau beasiswa S2 melalui skema tersebut.

Pelamar yang terpilih disediakan beasiswa berupa tanggungan biaya kuliah penuh (tuition fee) dengan nilai sekitar € 11.000 per tahun untuk program S1 dengan durasi maksimum 3 tahun atau 5 tahun untuk program hukum.

Sementara, beasiswa S2 diperuntukkan bagi mahasiswa internasional yang mengambil program gelar Master of Science (MSc) dengan nilai beasiswa € 12.000 per tahun. Beasiswa tersebut diperuntukkan untuk biaya kuliah penuh di Bocconi University. Pemberian beasiswa berlangsung hingga dua tahun berdasarkan pertimbangan capaian akademik dan kondisi keuangan dari calon. Perpanjangan beasiswa dilakukan setiap tahunnya. 
 
Persyaratan: 
1. Bukan warganegara Italia
2. Bukan penduduk tetap Italia
3. Bukan lulusan SLTA Italia yang diraih di Italia atau luar negeri  (pelamar S1)
4. Bukan lulusan S1 Italia yang diraih di Italia atau luar negeri (pelamar S2)
Pendaftaran:
Pertama, daftarkan diri Anda terlebih dahulu ke Bocconi University (www.unibocconi.eu) untuk memperoleh student ID dan password. Setelah terdaftar, pelamar kemudian bisa mengajukan beasiswa secara online dengan mengisi formulir aplikasi yang disediakan. 
Pendaftaran ke universitas dan pengajuan beasiswa ini harus dilakukan di periode pendaftaran yang sama.
  
Formulir aplikasi yang diisi akan meminta detil informasi terkait kondisi ekonomi keluarga pemohon. 
Periode pendaftaran beasiswa dan universitas (S1) 
Periode musim dingin: deadline aplikasi 20 Januari 2016
Periode musim semi: deadline aplikasi 19 April 2016 
Periode pendaftaran beasiswa dan universitas (S2) 
Periode 1: deadline aplikasi 11 Desember 2015
Periode 2: deadline aplikasi 26 Januari 2016 
Periode 3: deadline aplikasi 29 Februari 2016
Periode 4: deadline aplikasi 30 Maret 2016 
Periode 5: deadline aplikasi 03 Mei 2016 
Jika berhasil ditetapkan sebagai penerima beasiswa, dokumen di bawah akan diminta untuk dikirim ke email: financial.aid@unibocconi.it
 
Dokumen (discan): 
1. Ringkasan formulir (dilampirkan bersama email konfirmasi) yang diterima pelamar setelah mengisi formulir aplikasi online beasiswa Bocconi
 
2. Salinan paspor yang masih berlaku
 
3. Salinan Kartu keluarga (KK) 
 
4. Salinan pajak penghasilan keluarga untuk tahun kalender 2014
 
5. Keterangan penghasilan kotor tahunan untuk 2014 dari keluarga pemohon. Keterangan ini dikeluarkan oleh atasan atau majikan 
 
6. Jika salah satu atau lebih dari keluarga maupun anggota keluarga memiliki perusahaan atau saham hingga 31 Desember 2014, harus menyertakan bukti jumlah saham yang dimiliki serta neraca keuntungan dan kerugian. 
 
7. Jika salah satu atau lebih dari keluarga pemohon memiliki properti yang sedang dibangun hingga 31 Desember 2014, sertakan dokumen yang menunjukkan daerah bersangkutan serta property yang dibangun tersebut dalam meter persegi.  Dan jika ada, dokumen sertifikasi setiap kredit dari properti dan jumlah yang belum dilunasi hingga 31 Desember 2014. 
 
8. Jika keluarga pemohon tinggal di rumah kontrakan, sediakan salinan yang menunjukkan sewa kontrak 
 
9. Jika keluarga pemohon tinggal di rumah secara gratis, dan rumah tersebut tidak dimiliki, sediakan bukti yang menunjukkan nama lengkap dari pemilik rumah tersebut
 
10. Dokumen yang membuktikan kepemilikan aset bergerak hingga 31 Desember 2014 (rekening bank – deposito, tabungan, stok, dividen, kepemilikan saham, bagian dari aset bersih dari perusahaan yang dimiliki, dll) dari keluarga. 

Dokumen tersebut harus diajukan dalam bahasa aslinya dilengkapi terjemahan resmi dalam bahasa Italia atau Inggris. Dokumen terjemahan dalam bahasa Italia harus disahkan dan dicap oleh otoritas Italia di negara setempat. Atau dokumen disahkan dengan cap Apostille di negara yang telah menandatangani Konvensi Hague 5 Oktober 1961 untuk terjemahan Italia atau Inggris. 
Keterangan beasiswa lainnya dapat diajukan melalui email financial.aid@unibocconi.it atau telp: (+39) 02.5836.2152. Selamat mencoba!

Sumber : https://www.beasiswapascasarjana.com/

(Ditulis kembali oleh Yadi Suryadi)
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar