"Menginspirasi anda semua"

Minggu, 31 Mei 2015

Beasiswa S2 untuk Guru SMP

Ini kesempatan bagi para guru SMP yang berminat melanjutkan studi S2 melalui program beasiswa. Baru-baru ini diumumkan beasiswa S2 guru SMP 2015 yang ditawarkan Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar (Dit. P2TK Dikdas), Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar (Ditjen Dikdas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Beasiswa guru SMP tersebut menawarkan lima program studi S2 yang bisa diikuti, yaitu Program Studi Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan IPS, Program Studi Pendidikan IPA, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Program studi tersebut dibuka di empat perguruan tinggi (LPTK) yang menjadi mitra Dit. P2TK Dikdas, Kemdikbud. Yaitu, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Malang, dan Universitas Negeri Surabaya.

Beasiswa yang diberikan di antaranya mencakup biaya perjalanan awal kedatangan mahasiswa ke PTP dan kembali pulang setelah selesai studi, biaya pendidikan di PTP masing-masing, menyediakan biaya hidup sebesar Rp 18 juta per tahun, dan bantuan buku sebesar Rp 1,5 juta per tahun.
Selain itu, bagi calon mahasiswa yang lulu seleksi administrasi dan diundang untuk mengikuti ujian tertulis, seluruh biaya transportasi dan akomodasi akan diganti dan ditanggung Dit. P2TK Dikdas.

Persyaratan:
1. Bagi Guru SMP berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS);
2. Bagi guru swasta, berstatus sebagai guru tetap yayasan (GTY);
3. Bagi Guru Honorer di SMP negeri harus memiliki SK Kepala Dinas Pendidikan sebagai guru honor.
4. Berusia maksimum 37 tahun per 1 September 2015 yang dibuktikan dengan fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang.
5. Khusus untuk daerah terpencil, tertinggal, dan terluar berusia maksimum 42 tahun per 1 September 2015 yang dibuktikan dengan fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang, serta SK pejabat berwenang tentang penetapan daerah terpencil, tertinggal, dan terluar.
6. Lulusan jenjang sarjana (S-1) dari program studi yang sekarang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN- PT) dengan IPK minimal 2,75 (dalam skala nilai 0-4) yang dibuktikan dengan fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang.
7. Memiliki pengalaman mengajar minimal 2 (dua) tahun mengajar yang dibuktikan dengan fotokopi SK pengangkatan pertama (ditambah dengan SK Daerah khusus untuk Guru yang bertugas di daerah khusus) yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang.
8. Memperoleh izin dari pejabat yang berwenang untuk mengikuti program peningkatan kualifikasi jenjang strata dua (S-2), dibuktikan dengan Surat Tugas Belajar dari pejabat berwenang.
9. Memiliki prestasi akademik yang terkait dengan tugas keguruan/kependidikan (akan lebih diutamakan), dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan yang relevan.

Dokumen aplikasi:
1. Surat permohonan
2. Surat pernyataan kesanggupan studi S2 di PTP yang sudah ditentukan
3. Surat keterangan sehat dari dokter
4. Identitas peserta
5. Pasfoto warna 4 x 6 sejumlah 4 lembar
6. Daftar Riwayat Hidup
7. Fotokopi ijazah S-1 yang telah dilegalisasi
8. Fotokopi KTP
9. Fotokopi NPWP
10. Fotokopi SK pengangkatan pertama / SK Kepala Dinas Pendidikan bagi guru honor / SK guru tetap yayasan
11. Surat Tugas Belajar dari pejabat berwenang
12. Sertifikat prestasi akademik terkait tugas keguruan/kependidikan (akan lebih diutamakan jika ada)

Pendaftaran:
Pelamar yang berminat mengikuti beasiswa S2 Guru SMP 2015 Kemdikbud dapat mendaftarkan diri ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di daerah masing-masing dengan melengkapi semua dokumen persyaratan yang diperlukan. Batas terakhir pengiriman berkas tersebut bisa ditanyakan langsung ke Dinas Pendidikan setempat.

Unduh pedoman untuk info lengkap.
Berikutnya, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota akan menghimpun daftar calon peserta yang sudah melengkapi persyaratan dan mengirimkannya ke Direktorat Pembinaan PTK Dikdas, berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi.

Berkas usulan pendaftaran tersebut paling lambat diterima Subdit PTK SMP pada 23 Juni 2015, ke alamat:
Subdit PTK SMP
Dit. P2TK Dikdas – Ditjen Dikdas - Kemdikbud
Gedung C Lantai 18
Jln. Jend. Sudirman Senayan Jakarta
Telp. 021 57851860

Calon peserta yang telah mendaftar atau menyerahkan berkas pendaftaran ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dapat mengirimkan informasinya kepada Direktorat Pembinaan PTK Dikdas melalui email: subditptksmp@gmail.com

Seleksi yang diikuti meliputi seleksi administratif dan seleksi akademik. Seleksi akademik akan dilakukan awal bulan Juli di perguruan tinggi penyelenggara bersama Direktorat Pembinaan PTK Dikdas. Pengumuman kelulusan minggu keempat bulan Juli. Website: p2tk.dikdas.kemdikbud.go.id. Beberapa formulir yang dibutuhkan, seperti surat permohonan tertera di pedoman.
Informasi pertanyaan beasiswa S2 guru SMP tersebut dapat menghubungi Herlina Kamase, S.H (HP 08128521025) atau Kresno Manalu, S.H (081281725125).
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar