"Menginspirasi anda semua"

Minggu, 01 Maret 2015

Selamat Datang Maret

Tak terasa kita sudah melewati 28 hari di Februari yang penuh dengan cinta, tak terasa pula untuk kamu-kamu yang masih sekolah dan duduk di kelas akhir sudah waktunya untuk melaksanakan ujian. selamat ya Adik-adikku. Rangkaian ujian akhir sekolah ini bukanlah akhir dari segalanya, justru merupakan awal bagi kewhidupan kalian. Ujian ini merupakan tonggak prestasi dalam 3 tahun kamu belajar di sekolah namun ujian ini bukanlah sesuatu yang patut ditakuti. karena respons kita terhadap ujian ini adalah tergantung dari kita sendiri.

Ada 4 Kondisi dimana para pelajar dalam menghadapi ujian akhir:

1. Bahagia, tipe ini adalah harapan dari semua pihak baik itu guru, panitia, pengawas dan orang tua, orang yang bahagia ketika menghadapi ujian adalah orang yang sudah siap segalanya baik mental, spiritual dan materialnya. Orang ini memiliki tingkat kecerdasan emosi dan spiritual yang luar biasa.

2. Biasa saja, tipe orang seperti ini adalah tipe orang yang santai dan menganggap ujian akhir adalah seperti ujian semester, tidak harus di takuti bahkan stress. Pelajar seperti ini adalah pelajar yang bagus secara emosi.

3. Cemas, tipe orang yang cemas dalam menghadapi ujian akhir adalah mengalami ketakutan dalam ujian dan intensitasnya tidak terlalu besar, orang dengan tipe ini hanya sebatas grogi dan takut yang wajar.

4. Stress, orang dengan tipe ini mengalami ketakutan hebat saat menghadapi ujian akhir, sangat takut dan khawatir tidak lulus ujian, dalam fikirannya sempit dan diliputi kecemasan yang maha dahsyat.

Bagaimana solusinya agar kamu-kamu tidak berada dalam kondisi no 3 dan 4????

Pertama adalah berdoa, berdoa adalah senjata ampuh bagi kita semua. doakan kedua orang tua kita dan setelah itu mohon kepada Yang Maha Penolong agar diberikan kelancaran dan kemudahan. Kedua tenangkan diri dan kuatkan hati agar benar-benar siap. Ketiga relaksasi fikiran, fikirkan kepada sesuatu yang mudah dan rubah mind set tentang ujian akhir. Terakhir selalu minta doa kepada guru, guru adalah orang yang sayang kepada kita,  janga sampai kamu menyakiti hati guru walupun sedikit.

Mudah-mudahan tulisan ini ada manfaatnya, semoga para pelajar yang besok ujian sekolah/madrasah dapat sukses ujian dan ilmunya bermanfaat. Aamiin
 
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar