"Menginspirasi anda semua"

Senin, 23 Maret 2015

Cara Mengajar dengan Teknik Hypnoteaching

Berbagai macam masalah yang timbul di dunia Remaja membuat Pendidik mencari cara lain agar matapelajaran yang diampunya menjadi efektif diterima peserta didik. Karena kompleksnya masalah tersebut, timbul suatu ilmu atau cabang ilmu psikologi yang wajib dikuasai oleh para guru mulai dari tingkat Playgroup/TK hingga Dosen di perguruan tinggi. Cabang ilmu tersebut adalah Hypnoteaching. Hypnoteaching muncul karena adanya cabang Ilmu tentang kekuatan sugesti dalam pikiran yakni hypnotis. Hypnotis merupakan cabang ilmu psikologi yang timbul akibat dari pasien dokter yang memerlukan pengobatan ilmiah yang  diluar medis. Para dokter di Eropa menemukan cabang ilmu ini pada awal abad 18 Masehi oleh Dr. Franz Anton Mesmer yang masih merupakan hypnotis tradisional. Dr. Franz Anton Mesmer mengenalkan Hypnotis kepada pasien-pasiennya dan murid-muridnya sehingga Dr. Franz Anton Mesmer dan pengikutnya di sebut memiliki aliran Hypnotis Mesmerisme yang melahirkan ilmu Magnetisme. 

Para pengikut Dr.Franz Anton Mesmer diantaranya Fr. Jossep Gassner, Marquis Chastenet De Puysegur dan Dr. James Esdaile, mereka yang mengembangkan Magnetisme. Istilah Hypnosys sendiri diperkenalkan oleh Dr. James Braid pada tahun 1842 dengan mengacu pada ilmu "Neuropnologi". Namun saya disini tidak menjelaskan tentang sejarah Ilmu Hypnosys namun ingin berbagi dengan para blogger khusunya para guru tentang teknik Hypnoteaching untuk pengajaran di sekolah.

Cara mengajar dengan teknik hypnoteaching terbilang efektif. Namun, masih banyak  yang belum mengenal secara lebih dalam tentang hypnoteaching. Dengan membaca lebih lanjut Anda akan mengetahuibagaimana cara mengajar dengan teknik hypnoteaching.
Bayangkan diri Anda adalah seorang guru yang sedang mencari tahu bagaimana cara mengajar yang efektif. Dengan begitu, Anda akan merasa sangat mudah dalam menerima pengetahuan tentang hypnoteaching ini.


 Hypno berasal dari kata hypnosis yang berarti keadaan dimana seseorang berada dalam kondisi trans, atau mudah menerima sugesti. Teaching merupakan kata dari bahasa inggris, yaitu  teach yang berarti mengajar. Dengan demikian, Hypnoteaching merupakan cara pembelajaran atau cara mengajar dengan menggunakan unsur hypnosis, yaitu saat seseorang bisa menerima sugesti dengan mudah. Berbeda dengan Hypnoteraphy, saat melakukan hypnoteaching, klien (disini adalah siswa-siswa) berada dalam keadaan sadar seutuhnya-dengan mata terbuka. Tujuan utama hypnoteaching adalah untuk membangunkan motivasi dalam diri setiap siswa.

Penyebab tidak masuknya pengetahuan dari guru adalah karena pikiran siswa sedang terpecah atau tidak fokus. Disinilah penggunaan cara mengajar dengan teknik hypnoteaching. Yaitu, dengan merilekskan pikiran siswa agar pengetahuan yang didapat bisa dipahami dengan baik.
Tips Singkat Memunculkan Rasa Rileks Pada Siswa
Segala yang tertutup tidak akan sampai ke tujuan. Begitupun dengan pikiran. Saat pikiran tidak fokus akan menghalangi segala informasi yang akan masuk ke otak. Cara mudah agar pikiran menjadi fokus adalah dengan membuat otak dan tubuh menjadi rileks. Berikut adalah tip-tip singkat untuk membuat siswa Anda menjadi rileks.
Dalam teknik ini, Anda sebagai guru bertugas untuk memandu siswa-siswa Anda untuk melakukannya. Lakukan tips ini sebelum sesi belajar dimulai

Lirikan Mata
  1. Mintalah siswa Anda  untuk menutup mata.
  2. Saat mata dalam keadaan tertutup, lanjutkan dengan meminta mereka untuk melirikan mata ke atas.
  3. Katakan kepada siswa Anda unutk memfokuskan pikiran.
  4. Lakukan kurang lebih selama 5 menit.
Berikut ini ada salah satu contoh cara mengajar dengan teknik hypnoteaching yang dapat membuat motivasi siswa Anda muncul saat Anda memberikan sebuah perintah.
Ulangan Tanpa Terbebani dengan Double banding
Double-banding adalah dua pilihan pengalihan yang bertujuan untuk menutup tujuan utama.
Perhatikan dialog berikut.
Guru      : “Anak-anak, kalian akan ulangan hari ini atau minggu depan?”
Siswa    : “Minggu depan”

Anda ingin mengadakan ulangan. Bagi sebagian siswa, ulangan dianggap sebagai beban. Agar siswa merasa ringan dalam menjalankan ulangan, dibuatlah pengalihan, yaitu waktu. Dalam pikiran siswa, yang ada hanya “minggu depan” bukan “ulangan”. Dengan begitu, siswa akan ringan dalam menerima ulangan seperti yang Anda inginkan.
 
Begitulah praktik dari Hypnoteaching. Perlu Anda ketahui hypnoteaching bukanlah teknik yang dapat menjadikan siswa-siswa Anda pandai. Bukan juga satu-satunya teknik yang menjadikan Anda sebagai hipnotis dengan hanya  menyugesti siswa-siswa Anda. Hypnoteaching hanyalah teknik yang membantu memudahkan dalam kegiatan pembelajaran. Jika Anda ingin menggunakan teknik yang sederhana dan efektif gunakanlah cara mengajar dengan teknik hypnoteaching.
 
Diambil dari berbagai sumber
diantaranya: 
 
http://fujianto21-chikafe.blogspot.com/2015/01/contoh-penulisan-daftar-pustaka.html
Saputera, Fredy Irwan.2012.Powerfull Hypnoteraphy Workshop. Cilegon: SSB Training Centre






Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar