"Menginspirasi anda semua"

Rabu, 04 Maret 2015

Beasiswa Pemerintah Turki 2015 Kembali Dibuka!




Saat ini semakin banyak instansi dalam maupun luar negeri yang menawarkan beasiswa untuk para calon mahasiswa di seluruh dunia. Mulai beasiswa untuk studi Undergraduate (S1), hingga post doctoral.

Untuk tahun 2015, Türkiye Bursları yang dikendalikan oleh YTB (Yurtdışı Türkler ve Akraba Topluluklar Başkanlığı) akan segera dibuka pada awal bulan Februari 2015.

Türkiye Bursları memiliki program yang lengkap. Beasiswa diberikan untuk jenjang associate, bachelor, master dan doctoral degree serta research program. Di samping itu, beasiswa ini full. Bener-bener fullTürkiye Bursları memberikan biaya penerbangan pulang-pergi, akomodasi (asrama pemerintah di masing-masing kota yang ditempati), asuransi kesehatan, biaya hidup tiap bulannya serta biaya kursus bahasa Turki (bagi yang belum menguasai bahasa Turki) selama -+ 10 bulan sebelum menempuh studi (TÖMER).






  • Jenis-jenis beasiswa
  1. Undergraduate (S1)
Beasiswa dibagi menjadi beberapa branch (cabang), sesuai dengan minat pendaftar. Tapi intinya, semuanya beasiswa ini masuk dalam satu skema. Beberapa program yang ditawarkan adalah sebagai berikut:
  1. Teknik dan ilmu sosial (Bosphorus Undergraduate Scholarship Program)
  2. Kedokteran dan farmasi (Ibni Sina Medical Sciences Scholarship Program)
  3. Studi keagamaan (Islamic Studies Scholarship Program)
  4. Bahasa Turki (Yunus Emre Turkish Language Scholarship Program)

     2.   Graduate (Master dan Doktoral
  1. Science, Engineering, dan Technology (Ali Kuşçu Sciences and Technology Scholarship=
  2. Ilmu sosial (Ibni Haldun Social Sciences Scholarship)
  3. Studi keagamaan (Islamic Studies Scholarship Program)





  • Fasilitas Beasiswa
  1. Tersedia sekitar 176 Universitas di Turki (103 universitas negeri dan sisanya swasta) yang dapat dipilih oleh pendaftar beasiswa ini. Beberapa diantaranya menjadi penghuni tetap 100-200 besar universitas terbaik dunia.
  2. Uang saku bulanan sebesar 600 Lira (USD 255) untuk mahasiswa S1, 850 Lira (USD 362) untuk mahasiswa S2, serta 1200 Lira (USD 510) untuk mahasiswa S3, serta 2000 Lira (USD 900) untuk Postdoctoral.
  3. Asrama Pemerintah, dengan fasilitas internet 24 jam, Makan pagi dan malam, ruang belajar, kamar mandi dalam (sebagian), kursus dan seminar gratis, serta kegiatan-kegiatan sosial lain.
  4. Tuition and Fees, bebas biaya kuliah, baik di universitas negeri maupun swasta.
  5. Asuransi kesehatan, bebas biaya berobat di rumah sakit pemerintah.
  6. TÖMER, kursus bahasa Turki (+ 9 bulan), bagi yang belum menguasai bahasa Turki-sebagai mayoritas bahasa pengantar di kampus- gratis.
  7. Tiket perjalanan pulang-pergi (Turkish Airlines).

  • Syarat-syarat
Proses seleksi Türkiye Bursları semuanya secara online. Kandidat yang diperkenankan mendaftar beasiswa ini adalah mereka yang telah lulus SMA/MA (untuk pendaftar undergraduate, atau telah medapatkan gelar S1 bagi pendaftar Master/Doktoral). Atau, mereka yang akan lulus (sedang dalam tahun terakhir).
  1. Persyaratan Umur
    1. Untuk jenjang bachelor degree/undergraduate umur maksimal 21 tahun
    2. Untuk jenjang master degree umur maksimal 30 tahun
    3. Untuk jenjang doctoral degree umur maksimal 35 tahun
    4. Untuk pendaftar program penelitian umur maksimal 45 tahun

  2. Persyaratan Nilai Akademik
  1. Untuk pendaftar jenjang bachelor degree, nilai minimum tiap mata pelajaran di dalam ijasah pendidikan sebelumnya adalah 70 dari 100.
  2. Untuk pendaftar jenjang master dan doctoral degree, nilai minimum tiap mata kulai di dalam ijasah pendidikan sebelumnya adalah 75 dari 100 (setara dengan IPK 3.00).
  3. Khusus untuk pendaftar jurusan kedokteran, nilai minimum tiap mata kuliah di dalam ijasah pendidikan sebelumnya adalah 90 dari 100

  1. Dokumen-dokumen yang Dibutuhkan
    1. Ijazah dan transkrip nilai (Bagi yang masih ditahun terakhir dan belum mendapatkan ijazah bisa menggunakan surat keterangan yang dilegalisir oleh sekolah/universitas masing-masing).
    2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), untuk kandidat Master dan Doktoral.
    3. GRE/GMAT (jika ada).
    4. Sertifikat tes bahasa internasional (TOEFL, TOAFL) jika ada.
    5. Sertifikat serta piagam penghargaan yang mendukung (jika ada).
    6. Surat rekomendasi dari pengajar atau pembimbing

  2. Apa Saja yang Harus Dilalui?Pertama, seleksi administrasi. Dalam seleksi ini, proses pendaftaran hingga pengumuman kelulusan/pemanggilan wawancara semuanya dilakukan secara online. Websitenya terpusat di http://turkiyeburslari.gov.tr/index.php/en/. Nantinya, saat pendaftaran telah dibuka, disitus tersebut akan muncul menu pendaftaran. Pelamar mendaftar, serta mengisi form online di website tersebut, serta mengupload dokumen-dokumen yang dibutuhkan.Ada sekitar 16 halaman yang perlu dilengkapi oleh pendaftar untuk selanjutnya dihalaman terakhir dapat disubmit (panduannya bisa didownload di bawah). Selanjutnya, pelamar akan mendapatkan email thank you untuk selanjutnya dipersilahkan menunggu pengumuman untuk seleksi selanjutnya, wawancara
Untuk petunjuk pengisian aplikasi online, silahkan download dari link di bawah:






Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar