"Menginspirasi anda semua"

Selasa, 25 November 2014

Jadilah Pendidik yang Inspiratif

Inspiratif berasal dari kata Inspirasi yang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Inspirasi berarti Ilham. Artinya Inspiratif berarti bersifat inspirasi atau mengilhami. Sekarang muncul kata atau frase baru yakni Pendidik Inspiratif. Apa itu Pendidik Inspiratif??? 

Pendidik Inspiratif adalah seorang pendidik yang mampu menginspirasi atau mampu mengilhami para muridnya atau peserta didiknya menjadi seorang yang lebih baik, sehingga berubah menjadi murid yang lebih semangat, percaya diri, sopan, santun dan Empatik. Saat ini dibutuhkan sekali yang namanya Pendidik Inspiratif tadi, agar tercipta peserta didik yang terinpirasi dari gurunya sehingga menjadi seorang yang lebih baik, lebih sopan , lebih santun dan lain sebagainya. Murid atau Peserta didik saat ini di setiap tingkatan membutuhkan sosok guru yang Inspiratif karena mungkin belum memiliki sosok teladan yang baik.

Diharapkan dengan menemukan sosok yang menginspirasi tadi maka akan timbul semangat untuk menjadi lebih baik lagi. Lantas bagaimana seseorang dapat dikategorikan sebagai pendidik inspiratif itu???

diantaranya 

(1) Jadilah penjelajah pikiran,
     Salah satu ciri guru kreatif adalah selalu terbuka dengan gagasan atau kemungkinan baru. Dia aktif          mencari dan mengembangkan gagasan atau cara yang berbeda untuk peningkatan kualitas pembelajaran siswa.

(2)Kembangkan pertanyaan. Guru kreatif akan selalu bertanya dan mencari terus menerus tentang yang dia   lihat dan lakukan dalam pembelajaran. Dengan demikian, dia akan terus berkembang dan tidak menganggap segala sesuatu sudah semestinya dilakukan melainkan akan menghasilkan cara yang lebih baik untuk peningkatan kualitas belajar siswa. 

(3) Kembangkan gagasan sebanyak-banyaknya. Guru kreatif akan selalu mencari banyak solusi dan alternatif. Dia akan mengembangkan kreativitas dan imajinasi yang dia punya untuk meningkatnya kualitas pembelajaran.

(4) Ciptakan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Seorang guru yang kreatif akan selalu berpatokan pada ‘Learning is fun’. Dia akan selalu menciptakan model dan metode pembelajaran yang menyenangkan sehingga anak didiknya merasa tertarik tentang apa yang dia sampaikan dan tidak merasa jenuh dalam kegiatan belajar. 
(Sumber bacaan Menjadi guru Inspiratif penulis Ngainun Naim)

Istilah guru inspiratif dipopulerkan oleh seorang pakar manajemen Rhenald Khasali. Dalam artikelnya di harian kompas edisi 29 Agustus 2007, Khasali membagi guru dalam dua kategori,yaitu guru kurikulum dan guru inspiratif. Menurut Ketua Magister manajemen UI ini, guru kurikulum adalah sosok guru yang amat patuh kepada kurikulum dan merasa berdosa bila tidak bisa menstransfer semua isi buku yang ditugaskan sesuai dengan acuan kurikulum. Sedangkan guru inspiratif memiliki orientasi jauh yang tidak hanya terpaku pada kurikulum, tetapi juga memilki orientasi yang lebih luas dalam mengembangkan potensi dalam kemampuan para siswanya.


#Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Ngeblog yang diadakan oleh KSGN (Komunitas Sejuta Guru Ngeblog)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar